SEJARAH TERBENTUKNYA YAYASAN KASIH PERSAUDAAN MOOLEENBROEK (YKPM) DI PAPUA

YAYASAN YKPM DI PAPUA

SEJARAH TERBENTUKNYA YAYASAN KASIH PERSAUDAAN MOOLEENBROEK (YKPM) DI PAPUA
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur dipanjatkan pada Allah Bapa Allah Anak, dan Allah Roh Kudus, bahwa berkat dan rahmat-Nya, maka Dewan Pengurus Pusat Yayasan YKPM di Papua, dapat menyelesaikan terbentuknya Yayasan. Dampak terbesar dari Undang-Undang Yayasan Nomor 16 Tahun 2001 adalah Yayasan harus bersifat terbuka bagi masyarakat, baik dalam laporan kegiatan maupun keuangannya.
Adanya harta yayasan yang terpisah dari Pemilik atau pendirinya, memungkinkan dilakukannya akuntabilitas secara transparan. Hal ini membuka peluang bagi publik untuk mengawasi kegiatan Yayasan. Jadi Yayasan harus memiliki pembukuan yang baik. Kemudian juga Yayasan harus menyesuaikan kekayaan yang dipisahkan oleh pendiri dengan tujuan yang akan dicapai, dan Yayasan harus menyesuaikan Organ Yayasan dan Anggaran Dasar sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001.
Namun setelah berlakunya Undang-undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan maka status hukum Yayasan sebagai badan hukum semakin menguat. Sebagai badan hukum, Yayasan cakap melakukan perbuatan…

View original post 7,914 more words

Comments are closed.

%d bloggers like this: