1.828 ORQNG AKTIVIS DITANGKAP POLISI DALAM AKSI DEMO MENDUKUNG ULWP DAN IPWP SEKALIGUS MENOLAK HARI ANEKSASI SEJAK TANGGAL 28 APRIL 2016 -2 MEI 2016

1.828 ORANG  AKTIVIS DITANGKAP POLISI DALAM AKSI  DEMO MENDUKUNG ULMWP DAN IPWP SEKALIGUS MENOLAK HARI ANEKSASI  SEJAK TANGGAL 28 APRIL 2016- 2 MEI 2016 

Jayapura 2 Mei 2016 : Kepolisian rebuplik indonesia melalui polda Papua menagkap sejumlah aktivis KNPB, aktivis mahasiswa dan juga simpatisan rakyat Papua.

Penagkapan sejumlah aktivis tersebut terjadi di beberapa daerah wilayah kerja KNPB  yaitu Jayapura , sentani dan sorong. Khusus kota jayapura polisi melakukan penagkapan di 7 titik kumpul masa tersebar kota jayapura sentani dan sekitarnya.

178 AKTIVIS DI PERUMNAS III WAENA

Penagkapan pertama terjadi Pada hari ini 2 Mei 2016, pada pukul 09.00 WPB terjadi penagkapan di depan gapura uncen Perumnas III Waena.
Penagkapan di perumnas III, 178 orang ditangkap. Penagkapan di perumnas III, mahasiswa uncen, Aktivis KNPB dan simpatisan rakyat Papua.
Dalam penagkapan ini,  ketua I KNPB pusat Agus Kossay, Sekertaris I KNPB pusat Mecky Yeimo, Juru bicara Nasional Bazoka logo dan Wakil Parlement Nasional West Papua (PNWP) Wilayah Ha Anim Eliaser Anggainggom  ikut ditangkap.
Awalnya pada pukul 07.00 WPB, ketua KNPB agus kosay dan rombongan menuju putaran perumnas  III waena.
Pada pukul 08.00 Masa tiba depan gapura uncen aparat kepolisian menghadang Masa aksi dengan kekuatan penuh. Selama setegah jam kemudian pada pukul 09.00 WPB kepolisian melakukan penagkapan terhadap aktivis Mahasiswa, Aktivis KNPB dan Simpatisan ditangkap.
Dalam penagkapan ini sejumlah bendera KNPB 181 HP, bendera KNPB dan sejumlah spanduk disita polisi.

200AN ORANG DITANGKAP DI LINGGARAN ABEPURA
Penagkapan ke tiga terjadi pada pukul 10.30 WPB, penagkapan pembubaran paksa dilakukan aparat kepolisian. Sejumlah bendera KNPB, pamplet, megapon dan atribut lain juga Hp ikut disita polisi.

Kornologis :
Pada pukul 06.00 WPB masa aksi berkumpul di sektor Abe asrama mimin, persiapan dilakukan pada pukul 06.00-08.00 WPB, kemudian sebelum masa keluar pada pukul 08.30 WPB melakukan doa bersama di sekertariat sektor Abe.

Pada pukul 08.40 WPB masa aksi menju titik kumpul masa di linggaran Abepura,dipinpin oleh korlap Dolia Ubruangge dan wakorlap Lacar sama.
Pada pukul 08.30 masa sudah berkumpul di linggaran.

Jam 09.00 WPB melakukan orasi-orasi politik di titik kumpul dipimpin korlap Dolia dan wakorlap Lacar . selana satu setegah jam melakukan orasi-orasi politik.
Pada pukul 10. 30 kepolisian menagkap sejumlah aktivis KNPB dan rakyat Papua yang sedang berkumpul di linggaran abepura.
Masa aksi di linggaran sekitar 200 an orang diangkut dengan 4 dalmas polres menuju mako brimob. Masa aksi yang ditahan sedang ditahan di mako brimob kota raja

203 AKTIVIS DITANGKAP DI DEN SIPUR WAENA

Pada pukul 07.30 WPB,  masa aksi berkumpul di sektor KNPB wilayah Expo. Selama 5 jam masa aksi sedang berkumpul di halaman anjugan expo. Pada pukul 10.00 WPB masa aksi keluar sekertariat sektor expo menuju abepura untuk bergabung dengan masa aksi di uncen bawah.
Polisi suda memblokade jalan keluar sehingga masa melewati jalan belakang mega waena tembus di Den sipur.

Pada pukul 11.20 WPB polisi menghadang mas aksi di sipur waena, selama 5 menit melakukan negosiasi, namun polisi tidak mengijinkan masa menuju abe.
Pada pukul 11.30 masa  aksi berjumlah 203 aktivis ditangkap, aparat kepolisian menagkap menagkap para aktivis menaikan di dalam 3 mobil dalmas dan dibawah ke Mako brimob kota Raja. Sampai saat ini mereka masih ditahan mako brimob.

50 AKTIVIS KNPB DITANGKAP DI LAMPU MERAH WAENA

Masa aksi kelombang ke dua dari Asrama Putri puncak jaya, Asrama Yahukimo dan dari asramma paniai berkumpul menuju abe pura untuk bergabung dengan masa aksi di Abepura.
Aparat kepolisian menghadang masa aksi menggunakan satu dalmas. Seteah masa aksi dihadang semua ditangkap dan naikan dalam dalmas menuju Mako Brimob kota raja.
Sementara ini masa aksi masih ditahan di Mako brimob. Kemudian sejumlah Mahasiswa yang berkumpul di uncen Bawah Abepura ikut ditangkap kepolisian dan semua Mas sekarang ada di mako Brimob kota Raja.

115 ORANG DITANGKAP DI TANGKAP DI YALTE YAPIS DOG 5 JAYAPURA.

Penagkapan masa aksi yang dipimpin oleh ketua I KNPB numbay, Jimmi Browai pengurus KNPb numbay lainya bersama sejumlah Anggota dan simpatisan ditangkap.
Aktivis yang ditangkap di halte Yapis dikiring ke polresta menggunakan 2 mobil dalmas  menuju polres kota jayapura.

Penagkapan hari ini di kota khusus jayapura sekitar 1.449 (seribu empat teratus, empat pulu sembilan orang)

27 AKTIVIS KNPB SORONG DITANGKAP

Sebanyak 27 Orang aktivis KNPB Sorong Raya tersebut ditangkap saat akan menggelar aksi unjuk rasa di halaman UKIP Malanu Kota Sorong Senin, (2/5/2016), sekitar Pkl.8.00 WP. Mereka dibubarkan secara paksa oleh aparat Gabungan TNI/ Polri. Ke 27 orang tersebut masih berada di Mapolres Sorong Kota.

6 Aktivis PENAGKAPAN DI SENTANI

Penagkapan kedua terjadi di sentani pada pukul 08.00 WPB, penagkapan ini terjadi di mata jalan Pos 7 , masa aksi dari jam 07.00 WPB sedang berkumpul di mata jalan pos tuju sentani, tanpan melakukan negosiasi 6 aktivis KNPB ditangkap dan dikiring ke polres Kabupaten Jayapura doyo baru sentani.Selain penagkapan sejumlah atribut disita aparat kepolisian

200 Aktivis KNPB Merauke  Ketua KNPB Gento
Pada pukul 06.46 WPB kepolisian dari polres merauke kembali menagkap aktivis KNPB yang melakukan demo dami di tugu pepera merauke.
Masa aksi yang dipimpin oleh ketua KNPB Gento Doop dan sekertaris I Charles sraun di diblokade oleh Aparat kabungan TNI/Polri dan membubarakan masa secara paksa.
Setelah polisi membubarkan masa ratusan masa ditangkap secara sewenag-wenag dengan kekerasan. Semua aktivis dinaikan dalam 5 mobil dalamas dan dikiring ke polres merauke. Sementara masih  ditahan di polres merauke.

SEJUMLAH AKTIVIS DI WMENA DITANKAP OLEH KEPOLISIAN POLRES JAYAWIYA.
Aktivis KNPB wilayah baliem melakukan aksi dukungan di halaman sekertariat KNPB baliem wamena,. Semua aktivis yang ditahan belum terdata. Nama dan jumlah penagkapan yang di wamena akan menjususl kemudian.
Semua penagkapan di beberapa wilayah ini kami belum terdata, kami akan laporkan di kemudian nama dan kornologi lengkap,
Jumlah kesluruhan  penagkapan hari ini hari di Papua 1.692, data hanya pengkapan hari ini di merauke, Jayapura, Sorong dan sentani.
Sedangkan penkapan dari tanggal

image

28 april 2016 sampai dengan 2 mei 2016, Jumlah penagkapan 1.828 orang.
Laporan dan kornologis penagkapan serta nama akan menyususl kemudian, ini laporan awal kami laporkan

Demikian Laporan sementara dari KNPB Pus

image

at

Ones Suhunia
Sekertaris Umum KNPB Pusat.

Posted from WordPress for Android

Comments are closed.

%d bloggers like this: