DILARANG,KNPB Se-LAPAGO tetap Demo 2 Mei 2016

Dilarang, KNPB se – Lapago Tetap Demo 2 Mei 2016

Wamena, KNPB Balim News – Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Lapago tetap bersikukuh untuk melakukan demo pada Selasa (2/5/2016) meski sudah dilarang pihak keamanan.

Demo tersebut digelar untuk mendukung penuh keanggotaan ULMWP (United Liberation Movement for West Papua) di MSG dan menolak keanggotaan Indonesia, mendukung pertemuan International Parlement for West Papua (IPWP) dan mengenang hari aneksasi Indonesia atas Papua, 1 Mei.

Koordinator Lapangan (Korlap) aksi KNPB wilayah Laapago, Herry Kossay mengatakan pihaknya bersama eks tahanan politik Papua, Linus Hiluka diundang Kapolres Jayawijaya atas surat pemberitahuan aksi yang diajukan pada 29 April lalu. Namun kapolres dengan tegas menolak rencana aksi itu.

“Dia melarang, tetapi kami sesuai arahan KNPB Pusat akan kami lakukan (aksi), karena ini menjadi aksi nasional dan internasional. Dia juga bilang, polisi tidak akan mengizinkan aksi KNPB, karena tidak terdaftar di Kesbangpol,” kata Kossay kepada KNPB Balim News di Wamena, Sabtu (30/4/2016).

Wakil Ketua KNPB, Mardi Hiluka mengatakan pihaknya mengantarkan surat pemberitahuan aksi sesuai dengan amanat undang-undang RI.

“Jadi, mau tidak mau kami akan tetap buat aksi. Kapolres bilang perintah atasan tidak diizinkan, tapi kami juga perintah atasan kami, aksi tetap jalan. Apapun bentuknya, dapat tangkap itu kami sudah biasa,” kata Mardi.

Kapolda Papua, Irjenpol Paulus Waterpauw mengakui KNPB sudah mengajukan permohonan ke Polda Papua, namun permohonan tersebut ditolak karena KNPB tidak melengkapi persyaratan yang sesuai dengan undang-undang.

“Mereka ini harus berjalan sesuai dengan koridor NKRI dan harus tunduk pada peraturan negara seperti semua yang diamanatkan. Kelompok ini memang sesungguhnya tidak terdaftar dalam wadah organisasi formal dalam pemerintahan,” tegas Kapolda. Alua Simal

Posted from WordPress for Android

Comments are closed.

%d bloggers like this: