Menko Tedjo: Jokowi akan Bebaskan Semua Tahanan Politik Papua

tapol-4

Jakarta ZONADAMAI.COM: Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno menyatakan Presiden Jokowi berkomitmen untuk membebaskan seluruh tahanan politik di seluruh lembaga pemasyarakatan di Papua.

“Presiden ingin membebaskan seluruh tahanan politik (Papua) yang masih ada, kecuali tahanan kriminal,” ujar Tedjo di Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Hanya satu syarat yang dibutuhkan Jokowi untuk membebaskan para tahanan politik Papua tersebut: pengajuan grasi (permohonan ampunan kepada kepala negara) dari masing-masing tahanan politik.
Melalui mekanisme pengajuan grasi, kata Tedjo, pembebasan para tahanan politik dapat dilakukan dengan cepat. Masalahnya, beberapa tahanan politik menolak mengajukan grasi karena khawatir grasi diartikan sebagai bentuk pengakuan mereka terhadap tindak pidana yang disangkakan pemerintah RI.

“Prosedur grasi cepat, tapi memang seolah-olah mengakui kesalahan. Tapi bukan rasa bersalah itu yang menjadi tujuan Presiden,” kata Tedjo.

Tedjo menegaskan, Jokowi berjanji akan merehabilitasi nama baik para tahanan politik jika mereka bersedia mengajukan grasi.

Namun sejumlah tahanan politik memang lebih memilih…

View original post 136 more words

Comments are closed.

%d bloggers like this: