Tantowi: Bebaskan Wartawan Asing di Papua Jangan Jadi Blunder

Jurnalis Prancis Thomas Dandois yang ditangkap jajaran Polres Jayawijaya di Wamena (6/8/2014). Jurnalis Prancis Thomas Dandois yang ditangkap jajaran Polres Jayawijaya di Wamena (6/8/2014).

JAKARTA– ZONADAMAI.COM: Komisi I DPR RI berharap langkah Presiden Joko Widodo yang membebaskan wartawan asing masuk Papua tidak menjadi blunder. Sebab, kondisi di Papua memang masih punya potensi besar ancaman keamanan.

“Memang, kebebasan pers adalah keniscayaan, kata Tantowi. Indonesia tidak dapat mendikte isi berita yang mereka buat…,” kata Tanowi Yahya

Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Tantowi Yahya mengatakan, selama ini, sangat susah bagi wartawan asing untuk masuk ke Papua. Wartawan asing harus melewati birokrasi agar dapat melakukan peliputan di Provinsi tambang emas terbesar di dunia ini.

Namun, dalam kunjungannya ke Papua Ahad (10/5/2015) kemarin, Presiden Jokowi membebaskan wartawan asing untuk keluar-masuk Provinsi Papua. “Saya harap tidak jadi blunder ya,” kata Tantowi pada Republika, Senin (11/5).

Menurut Tantowi, wartawan asing yang ingin meliput di Papua tetap harus pada ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Memang, kebebasan pers…

View original post 49 more words

Comments are closed.

%d bloggers like this: