JEJAK PENDAPAT PIPP, MAYORITAS DI MELANESIA DI PAPUA MENDUKUNG KEMERDEKAAN PAPUA

HNews Pasifik,– Sebagai pemimpin berkumpul di Fiji minggu ini untuk Melanesian Spearhead Group (MSG) Leaders Summit, Pasifik Institut Kebijakan Publik (PIPP) telah merilis temuan dari pertama jajak pendapat melalui telepon yang pernah dilakukan di seluruh Melanesia.
 
Tujuh pertanyaan yang berkaitan dengan “Melanesia keluarga” negara yang diajukan, termasuk satu meminta yang besar “non pulau Pasifik” negara dianggap mitra terbaik bagi masing-masing negara di wilayah tersebut.
 
Pemimpin MSG dapat didorong bahwa mayoritas (74,9%) responden menyadari badan regional untuk mewakili Melanesia.
 
Ketika ditanya siapa mereka dianggap sebagai bagian dari keluarga Melanesia, mayoritas yang jelas responden termasuk anggota didirikan (PNG, Kepulauan Solomon, Vanuatu, Fiji dan Kaledonia Baru), sementara 42% juga termasuk Papua Barat, 17,1% termasuk Australia, 14,9% termasuk Indonesia dan 14,1% termasuk Timor Leste.
 
Pertanyaan lain yang diajukan adalah “Apakah Anda mendukung kemerdekaan bagi Papua Barat?” Sebuah mayoritas responden di seluruh Melanesia mengatakan ya, dengan dukungan yang sangat tinggi di PNG (89,3%) dan Vanuatu (88,2%). Hal ini menunjukkan keterputusan antara dukungan rakyat dan posisi yang diambil oleh pemerintah di wilayah tersebut, kecuali Vanuatu, yang telah lama diperjuangkan Barat penyebab Papua pada tingkat politik.
 
Diminta untuk menghubungkan hubungan antara negara mereka dan Australia, mayoritas responden mengatakan hal itu positif kecuali yang berada di Fiji. Australia juga dianggap sebagai mitra eksternal yang terbaik untuk PNG (40,5%) dan Solomon (40,4%), sedangkan untuk Vanuatu hanya 14,1% responden menganggap Australia terbaik, sedangkan China mencetak 32,9%. Di antara responden di Fiji ada perasaan bahwa itu dianggap Australia, Selandia Baru, Cina dan AS karena semua kira-kira sama pentingnya.
 
Sehubungan dengan keterlibatan dengan Fiji, mayoritas responden termasuk di Fiji sendiri, memilih untuk meningkatkan keterlibatan atau menjaga tingkat keterlibatan seperti itu.
 
Pandangan yang diungkapkan oleh responden jajak pendapat ini dapat membantu para pemimpin MSG karena mereka membahas tentang masa depan daerah ini.
 
Sumber: http://www.dailypost.vu/content/majority-melanesia-say-yes-west-papua-pipp-poll 

Comments are closed.

%d bloggers like this: