Tapol Papua Bertambah Drastis, Per Mei 2013 Mencapai 76 Orang

Tapol Papua Bertambah Drastis, Per Mei 2013 Mencapai 76 Orang

Jayapura, MAJALAH  SELANGKAH — Tahanan Politik (Tapol) Papua hingga akhir Mei 2013 sudah mencapai 76 orang. Jumlah ini naik drastis setelah bulan sebelumnya, April 2013 mencapai 40 orang tahanan politik di penjara.

Situs resmi Tapol Papua, papuansbehindbars.org melaporkan, dalam minggu pertama setelah 30 April, tampak peningkatan jumlah penangkapan demonstrasi karena aktivitas mereka pada 1 Mei 2013 dalam memperingati 50 tahun Pemindahan Administrasi Papua ke Indonesia.

“Telah terjadi penggunaan kekuatan berlebihan oleh aparat keamanan berkenaan dengan aktivitas dalam peringatan tersebut. Sebanyak 3 orang aktivis meninggal dunia di Sorong, 36 orang ditangkap 30 orang diantaranya masih ditahan dan diduga mengalami penyiksaan di Timika dan Jayapura,” tulisnya.

Sebagaimana disampaikan dalam laporan sebelumnya, dalam kasus pembunuhan polisi di Yapen, informasi baru menunjukkan terjadinya dugaan penyiksaan, terhadap dua orang dari yang masih ditahan, beresiko mengalami penyiksaan dalam tahanan.

Luis Gedi telah dibebaskan, sementara pengadilan terhadap Boas Gombo pada peristiwa Hari Masyarakat Adat Yapen, penangkapan di Sarmi dan kasus peledakan di Biak masih terus berlangsung. Kasus peledakan di Timika telah diputuskan di pengadilan. (GE/MS)

Comments are closed.

%d bloggers like this: