Di London, SBY Akan Disambut Aksi Protes Simpatisan Papua Merdeka

Aksi demo simpatisan Papua Merdeka (facebook.com)

Jayapura, (31/10)—Survival International, organisasi nirlaba internasional mengatakan akan menyambut kedatangan SBY di Inggris dengan aksi protes terhadap pelanggaran HAM di Papua. 

 

“Laporan tentang penyiksaan pemerintah Indonesia dan pembunuhan masyarakat asli Papua membuat suram iklim HAM di Papua. Ini sangat mengkhawatirkan, karena pembayar pajak Inggris mendanai unit pasukan khusus yang dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia terhadap suku-suku di Papua. ” ujar Stephen Corry, Direktur Survival International melalui siaran persnya yang diterima tabloidjubi.com, Selasa (30/10).

 

Selain Survival Internasional, kelompok Free West Papua Campaign (FWPC), sebuah organisasi sosial lainnya yang berkampanye untuk pembebasan Papua dan berbasis di London, berencana untuk melakukan aksi massal menyambut kedatangan Presiden Indonesia di negeri tersebut.

“Kami akan melakukan protest terhadap kedatangan Presiden (Indonesia) pada Selasa esok. Orang ini bertanggung jawab terhadap genosida di Papua Barat, yang menyebabkan tewasnya setengah juta pria, wanita dan anak-anak. Kami menyiapkan hadiah sebesar 50.000 poundsterling bagi siapapun yang menangkap dan menyeret orang ini (Presiden Indonesia) ke pengadilan dengan tuduhan sebagai penjahat perang,” tulis FWPC dalam situs resmi mereka di jejaring sosial facebook.

 

Aksi protes akan dilaksanakan di 10 Downing Street, London, pada pukul 13.00 – 14.30 waktu setempat. Pendukung lain yang berada diluar Inggris dihimbau melakukan aksi serupa pada kantor-kantor perwakilan resmi milik pemerintah Republik Indonesia. (Victor Mambor)

Comments are closed.

%d bloggers like this: