BUPATI BARU KABUPATEN PANIAI HARUS MENJADI AGEN RESTORASI

BUPATI BARU KABUPATEN PANIAI HARUS MENJADI AGEN RESTORASI

Paniai, TIMIPOTU NEWS — Restorasi bermula sebagai gerakan perubahan untuk memperbaiki kondisi kehidupan Bumi, Manusia serta segala bentuk isinya adalah potensi terbesar yang dikaruniakan oleh Allah pencipta sebagai kemuliaan hidup bagi masyarakat paniai untuk dikelola, diberdaya dikembangkan serta dipotensialiasasikan guna memenuhi kebutuhan hidup manusia. Maka kenikmatannya dapat dirasakan dalam kehidupan masyarakat paniai yakni rasa aman, rasa damai, dan sejahtra adalah pembangunan manusia yang mulia.

Pembangunan manusia adalah wujud pemberdayaan sumberdaya manusia. Hal yang paling peting didunia ini adalah manusia. Maka, pembangunan manusia harus diperiolitaskan dalam pengembangan dan pemberdayaan manusia agar manusia memikili pengetahuan, keterampilan dan keahlian. Yang nantinya menjadi profesionalitas yang mampu mengelola dalam suatu bidang pekerjaan tertentu. Sebab manusia adalah organ dinamis yang dapat dipandang sebagai aset terpenting untuk selalu harus kita perihara dengan memberikan suatu perlindungan hidup yang aman, damai, dan sejahtra serta memberikan jaminan hidup yang layak bagi manuisa dengan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Pembangunan sumberdaya alam atau ekonomi .Potensi geografis paniai yang sangat terategis dan menentukan untuk dibudi daya dengan menempatkan beberapa sektor yakni perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan serta industri tambang. Untuk dikelola, didaya guna dan dikembangkan menjadi potensial serta hasilnya dapat dinikmati dan dirasakan oleh masyarakat paniai yang tak ada habisnya.

Pelestarian linkungan sosial. Adalah tatakelola lingkungan secara teratur dan bersih. Dalam hal teratur dan bersih ini bahwa pengaturan tata lingkungan harus memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi kebutuhan dan kepentingan serta aktivitas masyarakat yang ada untuk menyediakan tempat pemasaran tradisional maupun pasar moderen yakni tempat berdagang, tempat pembuangan sampah bagi masyarakat pedagang serta penataan jalan raya, lingkungan perumahaan, lingkungan perkantoran, lingkungan kampus, lingkungan obyek wisata, kali-kali yang ada serta penataan tempat –tempat pembuangan kotorang disesuaikan dengan keberadaan tempat dan aktivitas masyarakat paniai. Penataan lingkungan yang baik akan menampakan lingkungan teratur dan bersih. Hal –hal ini perlu dilakukan oleh pemerintah paniai agar dapat di cegah terjadinya pencemaran yang membawa malapetaka yang dapat mengamcam kehidupan sosial masyarakat paniai.

Pada sadarnya. kehidupan dalam ketenteraman, kenyamanan, serta kebebasan adalah dambahaan bagi setiap orang serta masyarakat paniai pada umumnya. Untuk ingin hidup tenteram, nyaman, serta bebas adalah nilai-nilai harkat dan martabat yang harus di jujung tinggi dan periolitaskan sebagai modal atau dasar hidup manusia. Dengan demikian, pemerintah paniai harus berperan aktif dalam mengendalikan dan menyelesaikan segala bentuk diskriminasi serta penganiayaan yang dapat mengangu suasana kehidupan masyarakat paniai. Pentingnya kordinasi yang baik antara pemerintah dan lembaga Hak Asasi manusia dan lembaga-lembaga terkait untuk menegakan keadilan dan memberikan jaminan hidup bagi setiap orang, serta masyarakat paniai pada umumnya, sebab masyarakat paniai ingin hidup dalam suasana aman damai, tenteram, dan bebas dari segala bentuk ancaman.

Tatakelolaan perintahan yang baik dan bersih. Dengan konsep Goodgovernance. Penataan pemerintah yang baik adalah hal pundamental dalam menata dan mengatur birokrat perintahan, administrasi pemerintahan serta penempatan jabatan sesuai keahlian secara teratur agar setiap perangkat kerja dapat bekerja sesuai tugas dan tangunjawab yang telah di atur sehinggah dapat bekeja secara teratur pula. Sedangkan pemerintahan yang bersih adalah nilai yang harus di junjung tinggi dalam menjaga dan memeriahara stabilitas roda pemerintahan sebagai aset Negara, baik di bidang finasial maupun di bidang pengadaan barang, agar dapat terjaga dan terhindar dari perbuatan KKN. Dengan adanya, tatakelolaan pemerintahan yang baik dan bersih akan berjalan mulus dalam menjalankan roda perintahan paniain secara efisien dan efektif serta hasil guna.

Pelayanan kesehatan kepada masyarakat paniai. Nilai yang paling berharga didalam hidup manusia adalah nilai kesehatan. Ketika orang jatuh saki, merasa kehilangan segala galanya. Oleh karena itu, saya memberikan nilai kesehatan adalah nilai peringkat pertama dari nilai yang lain. Dengan demikian kami ingatkan kepada pemerintah paniai, dalam hal pelayanan kesehatan kepada masyakarat pasien ini. Perlu membenahi kembali dalam pangadaan tenaga medis yang profesional dan alat-alat medis yang memadahi serta obat-obat yang bermutuh agar pelayanan kesehatan ini benar-benar dinikmati oleh masyarakat pasien secara intensif.

Biaya pendidikan adalah biaya sumberdaya manusia. Manusia dapat dipandang sebagai potensi yang harus diberdayakan, dikembangkan, dan dibentuk melalui berbagai stimulus oleh pemerintah paniai dengan membrikan perhatian khusus yakni biaya pendidikan serta pengembangan sumberdaya manusia dibidang pendidikan formal dan nonformal guna mencetak manusia handal dan siap di pakai dalam menjalan roda pemerintahaan kabupaten paniai. Sebab pada dasarnya, manusia dapat dipandang sebagai aset terpenting dalam suatu organisasi yang harus dijunjung tinggi, dihormati, dihargai sebagai makluk ciptaan Allah yang mulia.

Bupati baru diharapkan ageng Restorasi bermula sebagai gerakan perubahan untuk memperbaiki kondisi kehidupan kabupaten paniai merupakan periolitas program pembangunan berkelanjutan dengan beberapa aspek pembangunan yang terterah dalam sepanjang ulasang diatas ini yaitu; Pembangunan sumberdaya manusia, Pembangunan sumberdaya alam dan pembangunan ekonomi, Pelestarian linkungan sosial, Tatakelolaan perintahan yang baik dan bersih, Pelayanan kesehatan kepada masyarakat, biaya pembangunan sumberdaya manusia . Untuk itu,.kami ingatkan kepada pemerintah kabupaten paniai bahwa dalam pengambilan kebijakan periolitas pembangunan kabupaten paniai harus mengedepankan beberapa aspek pembangunan yang terterah dalam ulasang ini untuk dapat merealisasikan dalam pembangunan kabupaten paniai, guna merekontruksi dalam memperbaiki dan memulihkan kembali kondisi kehidupan, masyarakat kabupaten paniai menjadi baru. (Decky Gobay/Solo)

Comments are closed.

%d bloggers like this: