Sikap KNPB Terhadap Gerakan Rohani di Papua

Badan Pengurus Pusat
KOMITE NASIONAL PAPUA BARAT (BPP KNPB
Central Board The West Papua National Committee
No : 005.I/EX-HM/BPP-KNPB/VIII/2012

========================================

Hal : Himbauan Umum
Sifat : Terbuka untuk UmumSalam Pembebasan

Memperhatikan situasi yang berkembang akhir-akhir ini, terutama mengenai gerakan rohani “Sion Movement” (gerakan sion) yang berkembang di tengah-tengah gerakan perjuangan Papua Barat, KNPB merasa penting untuk mengklarifikasi dan menjelaskan posisi dan sikap organisasi sebagai berikut:

  1. KNPB sebagai media nasional Papua Barat tetap mendukung gerakan rohani yang dilakukan oleh rakyat Papua Barat, oleh siapapun sepanjang tujuannya berada dalam misi kebangkitan rohani, dan merupakan pelayanan umat beragama.
  2.  KNPB sebagai media nasional Papua Barat juga ikut aktif dalam mendorong gerakan rohani yang tujuannya untuk pembebasan nasional Papua Barat, sepanjang tidak ada kepentingan lain yang terselubung.
  3. KNPB sebagai media perjuangan nasional tidak memiliki kewenangan legal untuk mengambil keputusan tentang perubahan dan atau pergantian simbol-simbol perjuangan dan atau simbol-simbol negara, seperti merubah salah satu dari bagian bendera nasional Papua Barat.
  4. Bahwa hal-hal menyangkut perubahan dan atau pergantian secara legal dilakukan oleh badan legislasi atau Parlemen Nasional West Papua (PNWP) sebagai badan representasi perjuangan yang memiliki fungsi legislasi. Hal mana dilakukan atas masukan, desakan dan pertimbangan dari seluruh stakeholder (pemangku kepentingan) yang ada dalam gerakan pembebasan nasional Papua Barat.
  5. Dengan alasan poin diatas, maka kami menyampaikan kepada rakyat Papua, Pemimpin-Pemimpin Lembaga Perjuangan, baik sipil, Militer dan diplomasi agar tidak muda terhasut, terprovokasi dan tertipu dengan isu-isu yang berkembang diluar dari keputusan resmi Badan Pengurus Pusat KNPB.

Demikian surat himbauan ini dibuat agar menjadi kesepahaman kita bersama.

Port Numbay, 21 Agustus 2012
Badan Pengurus Pusat Komite Nasional Papua Barat [BPP.KNPB]Victor F. Yeimo                                              Ones Suhuniap
Ketua Umum                                               Sekretaris Jenderal

Tembusan disampaikan kepada:
1. Ketua Parlemen Nasional West Papua (PNWP)
2. Ketua-ketua Parlemen Rakyat Daerah (PRD)
3. Pimpinan TPN – OPM
4. Free West Papua Campaign
5. Arsip

Comments are closed.

%d bloggers like this: